STIPER DW Metro

PEMANFAATAN TEPUNG GANYONG DAN LIMBAH TULANG IKAN LELE SEBAGAI MAKANAN OLAHAN KAYA GIZI

Pati ganyong yang diolah menjadi tepung ganyong dapat dimanfaatkan sebagai bahan komplemeter bagi tepung ubi kayu ataupun sebagai bahan substitusi tepung terigu dan tepung beras. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari tepung ganyong, memberikan peluang yang cukup besar bagi tepung ganyong untuk menjadi alternatif pengganti tepung terigu. Selain itu, menjadi rekomendasi yang baik untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap pembuatan makanan olahan yang dapat dimanfaaatkan bagi bayi, balita, ibu hamil, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang lanjut usia.

PEMANFAATAN TEPUNG GANYONG DAN LIMBAH TULANG IKAN LELE SEBAGAI MAKANAN OLAHAN KAYA GIZI

Ikan lele merupakan ikan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Selain harga yang murah, mudah didapat, disukai oleh banyak orang, dan dapat diolah dalam berbagai jenis makanan, ikan lele juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Banyaknya pengolahan ikan lele menjadi berbagai jenis makanan, memberikan peluang yang cukup besar terhadap pemanfaatan tulang ikan lele. Hal itu disebabkan, hampir disetiap jenis makanan olahan  ikan lele, tulang ikan lele tidak dimanfaatkan secara maksimal. Terkadang tulang ikan lele dibuang sehingga menjadi limbah yang tidak termanfaatkan.

Sangat disayangkan, apabila masyarakat banyak mengetahui manfaat dari tulang ikan lele, sudah pasti meraka akan memanfatkan pula. Di dalam kandungan tukang ikan lele, mengadung kalsium yang cukup tinggi, baik dikonsumsi untuk bayi, balita, ibu hamil, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang lanjut usia. Dengan pengolahan yang baik dan tepat, dipastikan tulang ikan lele dapat dijadikan makanan olahan yang disukai oleh berbagai jenis kalangan.

Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan diatas, maka perumusan masalah yang dapat diambil, antara lain : (1) Memanfaatkan ganyong yang selama ini dijadikan tanaman liar dan memanfaatkan tulang ikan lele yang selama ini dijadikan sebagai limbah rumah tangga; (2) Membuat suatu produk makanan olahan yang terbuat dari tepung ganyong dan tulang ikan lele yang disukai oleh setiap kalangan masyarakat; (3) Mencari komposisi yang tepat untuk menentukan warna, tekstur, rasa, aroma, penampilan secara keseluruhan dan kandungan gizi yang paling baik, sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan sehat yang kaya gizi.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui manfaat lain dari tepung ganyong dan limbah tulang ikan lele; (2) Untuk mengetahui potensi tepung ganyong dan limbah tulang ikan lele sebagai bahan dasar pembuatan makanan olahan bergizi tinggi; dan (3) Untuk menciptakan produk baru yang kaya akan gizi.

Untuk selengkapnya silahkan klik DISINI

STIPER DW Metro

About STIPER DW Metro

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana Metro adalah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Metro dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana Metro yang beralamatkan di Jl. Kenanga No. 3 Mulyojati 16c Kota Metro Lampung